Sabtu, 22 Oktober 2011

Sebuah Anekdot - Keluhan Setan kepada Tuhan :p

          Sore tadi saya berdialog dengan kawan saya, dia mengutarakan sebuah anekdot yang membuat saya tertarik. Mendengar ceritanya membuat saya tersenyum dan tak mampu menahan tawa, padahal saya benar-benar tak menyangka dan melenceng jauh dari keseriusan dialog kami. :-p
          Anekdot yang dia utarakan adalah mengenai komunikasi Setan kepada Tuhan. Suatu ketika si Setan menghadap kepada Tuhan dan menceritakan apa yang dia rasakan setelah sekian lama berusaha menjauhkan hamba-hamba tuhan dari jalanNya (curhat gitulah ceritanya). hehehehe.


 Setan
"Wahai Tuhan! Dzat yang kutakuti siksaNya. Aku ingin mengajukan keluhanku terhadap makhlukMu yang selainku" (sambil memasang muka kusut-kusut bete gitu)
 Tuhan
"Apa yang ingin kau keluhkan padaKu hai kau Setan?" (Tuhan mah santai aja)

 Setan
"Sungguh sialan makhluk ciptaanMu, para manusia-manusia itu. Aku tak tahan menghadapi mereka!" (makin kelihatan muka betenya)

Tuhan
 "Apalah salah mereka sampai-sampai kau adukan mereka kepadaKu?" (Tuhan masih nyantai)

Setan
"Kurang ajar sekali makhlukMu yang satu itu, aku sudah muak, mereka sudah mengambil alih tugasku sebagai setan." (otot di kepala mulai muncul)

Tuhan
"Coba ceritakan padaKu. (biar setan seneng, curhatnya didengerin)"

Setan
"Bagaimana mungkin aku tidak muak, mereka membuat peranku sebagai setan menjadi sia-sia. Sebelum aku goda mereka buat nglakuin keburukan, mereka uda ndahuluin aku. Sebelum aku suruh buat korupsi, mereka uda korupsi duluan. Sebelum aku godain buat berzina, mereka uda lakuin duluan juga. Jadi bete kan? Harga diriku sebagai setan uda jatuh, aku jadi pengangguran sekarang!"

Tuhan
(tersenyum aja)

Setan
"Terus2, mereka sering memfitnah bangsa kami. Masa' kalau mereka nglakuin kejahatan, di depan hakim dan pengadilan contohnya, mereka selalu bilang, "Itu bukan diri saya, saya akui setang sedang menguasai diri saya sehingga saya khilaf dan nglakuin hal itu". Tuuuh kan, jadi bete kuadrat aku. Sapa juga yang uda ngrasukin, baru mau ancang-ancang masuk ke tubuhnya aja belum, apa lagi ngerasukin tubuh lo!"

          Akhirnya dengan wajah kesal, Setan pun pergi dan menuju ke Komnas HAS (Hak Asasi Setan) buat ngaduin perlakuan manusia yang dia dapet. hehehehe

18 komentar:

  1. wah setan jadi pengangguran tuh.
    kasih dia pekerjaan yang lebih bermanfaat ! :D

    seharusnya manusia malu sama setan.
    kalo kayak gini kan apa bedanya manusia dengan setan. toh sama buruknya :)

    BalasHapus
  2. adek benar! hehehehe
    sebenarnya setan adalah sebuah sifat, sebuah sifat yang ada dalam diri manusia maupun jin
    tapi, kasian juga tuh setan. wkwkwk

    BalasHapus
  3. haha lucu rend ...
    lumayan buat hiburan

    BalasHapus
  4. wkwkwkwk, bukan cuma buat hiburan bang, sarana refleksi diri juga :)

    BalasHapus
  5. haha anekdot yang lucu..
    tapi ada pesan tersiratnya juga :)..

    BalasHapus
  6. hahahaha, manusia emang udah gila sob, setan aja sampek kuwalahan sma sikap manusia apalagi tuhan. :D

    km tw gag apa yang paling gag disukai setan dan tuhan...???
    "nggendak bojo'e setan" :D :D

    BalasHapus
  7. @socafahreza's blog : sindiran juga buat manusia, seharusnya kita malu ca,

    BalasHapus
  8. @herry susanto :Tuhan mungkin kecewa ma kita sebagai manusia, :(
    wkwkwkwk, sakno la.an setan yang akhwat???

    BalasHapus
  9. pernah baca ini,..
    :)

    bagus sih, tapi nyelekit juga euyy

    BalasHapus
  10. hehe,,setan juga setan dunk mas,,yg punya harga diri,,

    BalasHapus
  11. mestinya setan juga kreatif. kerjaanya yg lain juga dong

    BalasHapus
  12. Hahaha,., ada-ada aja yah,.,., kunjungi blogku balik yah gan,.

    BalasHapus
  13. wkwkwk boleh juga nih anekdotnya....
    lucu,,kasihan juga ya setan kerjaannya diambil alih...:D

    BalasHapus
  14. @Putrie Jrs : hehehehe, sesuatu tuh, :p

    @al kahfi : yah, setiap hasil cipta mmg menyimpan harga dibaliknya,
    #banyak2 refleksi diri, :)

    @guru rusydi : hihihihi, salah satu solusi yang bagus, tapi setan ntar malah bilang, "manusia nglamar kerja aja susah, gimana setan?" wkwkwk

    @sandu :oke sob! ^-^
    thank's for visit!

    @obat herbal batu ginjal : hihihi, :p

    BalasHapus
  15. Hahahaahaha,, akhir akhir kelihatan lucuya sob .. :)

    BalasHapus
  16. @be : hayoooo, itu cerita setan, gimana ceritamuuu, wkwkwwk

    BalasHapus
  17. haha, ironi nih critanya,, :) kepada manusia" yang kdang dlm aktivitas sehari" sllu menghubung"kan diri dgn setan

    BalasHapus

Deskripsi dunia si penulis yang terjebak dalam kesempitan berpikir, maka temukan "aku" dan patahkan ketidaklogisan ide dalam setiap tulisan si penulis. Berpikir etis. Berbuat etis. Bertanggung jawab secara etis.