Minggu, 11 Desember 2011

Tutorial Desain Logo Di Inkscape

       Sebelum membuat sebuah desain logo secara digital, anda harus memiliki aplikasi desain gambar vector. Pada tutorial ini saya khususkan pada aplikasi desain vector yang open source alias gratis namun fitur yang dimilikinya tidak kalah dengan aplikasi lain yang sejenis namun bersifat proprietary alias berbayar seperti Corel Draw atau Freehand. Adalah Inkscape, sebuah aplikasi pengolah grafik berbasis vector yang gratis dan multi platform. Inkscape dapat anda download di www.inkscape.org.

       Yang saya bagi di tutorial ini yaitu menggunakan proses desain manual di mana logo yang kita buat merupakan dibuat sesuai kreasi anda sendiri. Berikut langkah-langkah mendesain sebuah logo secara digital dengan aplikasi Inkscape:
1. Sketsa desain logo yang akan anda buat kemudian digitalkan dengan cara difoto maupun dipindai menggunakan scanner. Berikut Hasil digital sketsa desain logo yang saya buat.

2. Setelah itu, buka aplikasi Inkscape yang sudah terinstal di komputer anda. Lakukan impor gambar sketsa yang sudah anda buat dengan cara pilih File – Import… (Ctrl + i) atau cukup dengan drag and drop sketsa yang anda buat ke dalam halaman kerja Inkscape.

3. Pilih Draw Bezier curve and straight lines (Shift + F6) pada toolbar Inkscape.

4. Ikuti setiap garis sketsa menggunakan tool tersebut. Untuk memperoleh garis yang lebih harus, buatlah lengkungan manual dengan tool Draw Bazier, caranya klik di posisi awal node lalu klik di posisi akhir node tapi lakukan drag sampai terbentuk lengkungan yang sesuai dengan garis sketsa anda.


5. Cukup lakukan cara yang sama untuk garis sketsa yang lain. Dan ini hasil yang telah saya buat. :-)

6. Sekarang sudah didapatkan bentuk logonya, anda boleh menghilangkan sketsa yang telah anda gunakan sebagai garis bantu. Tinggal kita berikan warna pada fill, caranya cukup seleksi objek yang akan diwarnai lalu klik warna yang anda inginkan pada pallete warna. Namun jika anda ingin mewarnai stroke, cukup tekan Ctrl + klik pada warna yang anda inginkan.

7. Proses pembuatan logo sudah selesai pada tahap di atas. Tambahkan nama logo atau branding dari logo yang anda buat.

       Yah, mungkin hanya itu yang bisa saya bagi di sini. Maafa semisal ada beerapa keterangan yang kurang jelas. hehehe. Beberapa hari ke depan mungkin saya akan revisi lagi. Oke, Selamat berkarya sobat blogger!!!!


6 komentar:

  1. Bisa juga ndak ya untuk diboat desain di kaos.... hehehe, sepertinya memang bisa dech...

    BalasHapus
  2. Wuih...lma gag kesini, akhirnya tutorial yang ditunggu udah keposting.
    Mksih mas..
    Oya, selamat tahun baru ya mas..

    BalasHapus
  3. wah, hebat hebat... aku gk expert di dibidang kek nngene...

    semangat


    nafi @ http://bagdemagus.wordpress.com/

    BalasHapus
  4. Keren gan logonya .. :)

    Kunjungan baliknya ditunggu ya .. ^^

    BalasHapus
  5. kunjungan gan.,.
    bagi" motivasi.,.
    fikiran yang positif bisa menghasilkan keuntungan yang positif pula.,..
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

    BalasHapus

Deskripsi dunia si penulis yang terjebak dalam kesempitan berpikir, maka temukan "aku" dan patahkan ketidaklogisan ide dalam setiap tulisan si penulis. Berpikir etis. Berbuat etis. Bertanggung jawab secara etis.