Kamis, 25 Agustus 2011

Google Pagerank : Skala Popularitas Sebuah Situs

            Sebagai seorang blogger, tentu saya sangat menginginkan kepopuleran untuk blog ini, bukan hanya dari segi kuantitas posting namun juga dari kualitasnya. Yang jelas untuk mencapai target tersebut sangatlah tidak mudah, apalagi untuk kalangan blogger pemula seperti saya. Termotivasi guru Teknologi Infomasi dan Komunikasi saya, ada beberapa strategi blogging untuk mencapai kepopuleran sebuah blog, salah satu yang beliau bahas adalah mengenai Google Pagerank yang akan menjadi ulasan di post saya ini.
            Pagerank merupakan suatu fungsi perhitungan yang menghasilkan suatu nilai dalam skala 1-10 untuk menentukan tingkat kepopuleran suatu situs. Selain itu, nilai tersebut juga mewakili seberapa penting suatu post pada situs untuk dikunjungi dan ditampilkan dalam daftar pencarian Google. Sistem perhitungan ini mengacu pada seberapa banyak link yang berasal dari situs atau link rekomendasi dari situs lain untuk diarahkan ke situs tersebut, istilah saling merekomendasikan sebuah link satu sama lain disebut dengan backlink atau tautan balik.
            Cara kerja Pagerank sendiri cukup sederhana, suatu situs dengan PR yang lebih besar akan lebih diutamakan dalam daftar pencarian Google daripada situs lain dengan PR di bawahnya. Tetapi apabila terdapat beberapa situs dengan PR yang sama, maka situs yang lebih diutamakan adalah yang memiliki tingkat backlink yang baik misal situs A dan situs B memiliki PR 4, di mana situs A memiliki link rekomendasi dari Yahoo! Yang memiliki PR 10, sedangkan situs B hanya memilki link rekomendasi dari situs-situs lain yang PR-nya di bawah Yahoo!, maka Google akan lebih mengutamakan situs A untuk ditampilkan dalam daftar pencariannya.
            Sistem yang diperkenalkan oleh Larry Page dan Sergey Brin, mahasiswa Universitas Stanford ini mendasarkan perhitungan Pageranknya pada algoritma perhitungan sebagai berikut:
·         PR (A) adalah nilai Pagerank dari situs/halaman A
·         d adalah damping factor yang biasanya bernilai antar 0 sampai 1
·         PR (T1) adalah nilai Pagerank dari situs/halaman T1
·         C (T1) adalah jumlah link keluar/outbond link dari situs/halaman T1
·         PR (Tn) nilai Pagerank dari situs/halaman seterusnya
·         C (Tn) adalah jumlah link keluar/outbond link dari situs/halaman seterusnya
Berikut beberapa keterangan yang saya kutip dari wikipedia:
         Fungsi hitung di atas ditentukan untuk masing-masing situs, bukan dari keseluruhan situs web. Pagerank situs anda sendiri mengacu pada pagerank halaman lain yang mengacu pada situs anda yang juga telah mengalami sistem perhitungan pagerank yang sama dengan situs anda.Pagerank situs anda juga tidak langsung ditujukan kepada situs anda tetapi merupakan hasil dari link dari halaman lain menuju halaman anda dibagi jumlah keseluruhan link (outbond link) dari halaman tersebut dan dijumlahkan ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ). Nilai tersebut kemudian dikali dengan nilai damping factor (berkisar dari 0 sampai 1)

Bagaimana cara mengetahui pagerank situs?
Cara cukup mudah dan sederhana, cukup kunjungi situs-situs pengamat pagerank dan review situs seperti

Banyak faktor yang mempengaruhi tingkat kepopuleran sebuah blog, seperti backlink dan komentar-komentar di post anda. 

3 komentar:

  1. yang checkpagerank.net not found bro,...
    yang mypagerank.net susah harus log...
    saya pake yang, prchecker.info bisa.....

    BalasHapus
  2. wah2, kalau yang checkpagerank.net tu mungkin masalah koneksi
    memang yang lebih direkomendasikan sih yang prchecker.info

    BalasHapus
  3. Makasih gan atas tips untuk menghitung skala popularitas google pageranknya. Salam Kenal

    BalasHapus

Deskripsi dunia si penulis yang terjebak dalam kesempitan berpikir, maka temukan "aku" dan patahkan ketidaklogisan ide dalam setiap tulisan si penulis. Berpikir etis. Berbuat etis. Bertanggung jawab secara etis.