Selasa, 30 Agustus 2011

Tutorial Grafik Teks

                Sebenarnya grafik parampa - we are not the other, we are just parampa merupakan grafik sederhana, hanya permainan teks dan efek sederhana. Saya menggunakan aplikasi Adobe Photoshop CS4 dalam pembuatannya dan beberapa brush tambahan yang saya download dari internet, tapi bakal tambah susah kalau pake download-download lagi. Jadi saya anjurkan memakai fitur standarnya aja.
1.      Buat halaman kerja baru dengan pilih File-New (Ctrl+N). Ukuran grafik bisa anda sesuaikan sendiri, saya gunakan 500x400 pixel.

2.      Setelah muncul halaman kerjanya, tampilkan dulu garis bantu untuk mempermudah proses seleksi dengan cara pilih View-New Guide . . .. Buat garis bantu pada sumbu vertikal 0 px, 100 px, 200 px, 300 px, 400 px dan 500 px dengan cara yang sama.

3.       Kalau semua garis bantu sudah muncul, buat layer baru dan gunakan Rectangular Marquee Tool (M) dan buat seleksi di antara 2 garis bantu yang pertama.


4.       Berikan warna pada seleksi ini menggunakan Paint Bucket Tool (G). Isikan warna #ff0000. Beri nama layer “Merah”. Kemudian berikan layer style pada layer ini dengan cara klik kanan layer lalu pilih Blending Options. . .. Berikan input sebagai berikut

5.       Ulangi langkah di atas untuk  4 warna yang lain dan ingat buat layer baru untuk masing-masing warna.

6.       Klik kanan pada layer “Merah” kemudian pilih Copy Layer Style.

7.       Pilih Layer yang lain lalu klik kanan dan pilih Paste Layer Style, satukan 5 layer tersebut dengan Merge Layers. Maka hasilnya sebagai berikut.

8.       Berikan efek pada background dengan memilih Filter-Texture-Texturizer. Hasilnya akan jadi seperti ini.
9.       Kita sudah berhasil membuat background ^^. Tinggal permainan teks saja yang perlu kiat lakukan. Gunakan Horizontal Type Tool (T). Tulis kata yang ingin anda masukkan.
10.   Atur sedemikian rupa sehingga didapat hasil yang seimbang.

11.   Hasil di atas bisa dikatakan selesai, tinggal kita tambahkan beberapa ornamen. Buat layer baru gunakan Brush Tool (B), pakai brush-brush standar yang ada di Photoshop. Atau ornamen-ornamen teks, hanya gunakan Horizontal Type Tool lalu kurangi Opacitynya. Dan Jadilah!!! :D


Maaf banget kalau cuma ini yang bisa saya bagi, yah memang pemula banget, hehehe. Semoga bermanfaat! :D
Saya ucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam tulisan yang saya publish d blog ini terdapat sesuatu yang menyinggung anda. ^-^
Taqabalallahuminnawaminkum
Minal aidin wal Faidzin ^^

5 komentar:

  1. sip mas bro,tapi eman tulisan yang diatasnya blog in hand g kliatan.coba warnax dganti mungkin lebih bagus

    BalasHapus
  2. Wah,, wah, jadi gitu tho ..
    Makasih niy buat informasinya .. :)

    BalasHapus
  3. wah sip bisa jadi referensi..
    postinage bagus..

    BalasHapus
  4. yap, thank you ^^
    I'll wait your next post,

    BalasHapus

Deskripsi dunia si penulis yang terjebak dalam kesempitan berpikir, maka temukan "aku" dan patahkan ketidaklogisan ide dalam setiap tulisan si penulis. Berpikir etis. Berbuat etis. Bertanggung jawab secara etis.